Resolusi kamera yang tepat untuk mencetak hasil foto

Untuk foto yang akan digunakan di internet atau dikirim melalui e-mail, kita dapat mengatur pada resolusi yang lebih rendah. Jika foto tersebut ingin dicetak, maka kita harus menggunakan resolusi yang lebih tinggi.

Menentukan resolusi yang tepat untuk foto yang ingin dicetak, tergantung dari seberapa besar foto tersebut akan dicetak.Tabel berikut akan membantu menentukan resolusi yang tepat untuk ukuran foto yang akan dicetak.

Sebelum melihat bagaimana jumlah resolusi berkaitan dengan ukuran cetak foto, perlu diingat juga bahwa resolusi bukan satu-satunya faktor yang menentukan dalam kualitas foto dan kualitas cetak. Beberapa faktor-faktor ini juga memainkan peranan penting dalam menentukan bagaimana hasil foto digital dapat terlihat bagus di monitor komputer ataupun di atas kertas.

Pencahayaan yang tepat
Kualitas lensa
Kualitas kamera
Auto-fokus pada subjek yang tepat
Kecepatan rana yang tepat untuk benda bergerak atau stasioner

Dengan menentukan ukuran hasil cetak foto dapat membantu kita juga pada saat menentukan jenis kamera yang ingin kita beli. Jika kita ingin membuat cetakan besar sepanjang waktu, maka perlu membeli model kamera dengan resolusi maksimal yang besar. Di sisi lain, jika kita hanya akan ingin membuat sesekali cetakan kecil, maka kita dapat memilih kamera digital yang menawarkan jumlah resolusi yang lebih kecil.

Tabel ini akan memberi gambaran mengenai jumlah resolusi yang sesuai dengan ukuran foto yang akan dicetak. Ukuran resolusi yang tercantum di tabel ini tidak “menjamin” bisa membuat kualitas cetak selalu bagus, tetapi setidaknya akan memberikan titik awal untuk menentukan ukuran cetak.