Desain Banner Cetak/ Digital printing

Banner secara umum didefinisikan sebagai poster yang memiliki ukuran lebih besar 2 s/d 4 kali ukuran poster secara umum, atau secara mudahnya boleh dikatakan banner adalah poster yang memiliki lebar atau panjang melebihi ukuran poster secara umum. Dimana seperti kita ketahui poster memiliki ukuran internasional A3, A2, A1 dan A0.

Selain itu yang membedakan banner dengan poster adalah display sistemnya. Banner pada umumnya memiliki display sistem (kaki/dudukan) dengan berbagi bentuk seperti X, Y, Ring / Donut, Rol.

Selain model-model kaki banner di atas masih banyak model lain untuk display sistem, seperti moving roll banner (banner yang bisa berputar), hanging banner (banner yang digantung) dan sebagainya.

Untuk bahan banner terdiri berbagai jenis antara lain : POLI BANNER/POLI SKIN, ALBATROS, EASY BANNER, LUSTER, FRONTLITE/FLEXI/VINIL danPVC.

Setiap bahan memiliki karakteristik yang berbeda-beda seperti permukaan doff atau glossy, kelenturan bahan, kekuatan bahan menahan tarikan, kekuatan bahan untuk tidak melengkung dan kemampuan bahan menerima tinta. Untuk itu pastikan secara benar bahan apa yang akan pakai ketika membuat banner, umumnya hal seperti itu dihubungkan seberapa lama banner akan kita pakai dan untuk apa banner itu akan dipasang. Apabila banner digunakan untuk promosi pengenalan poduk maka gunakan bahan yang berkualitas karena banner yang anda pasang adalah pencitraan dari kualitas produk anda.

Untuk banner yang diletakkan didalam ruangan/indoor yang mempunyai jarak pandang dibawah 5 meter sebaiknya dicetak dengan mesin dengan resolusi yang cukup tinggi. Printer untuk jenis ini umumnya mempunyai lebar maksimal sekitar 1,25 meter dengan panjang sesuai kebutuhan. Umumnya hasil cetak dari mesin ini tidak tahan sinar UV (matahari). Untuk mengatasi hal ini biasanya diberi finishing laminating doff ataupun gloss. Tergantung dari printer/plotter yang digunakan dan jenis tinta yang dipakai, ada juga printer yang tahan sinar matahari. Seperti printer Roland VesaCamm yang mempunyai resolusi 1440 dpi serta tahan sinar matahari.

Untuk banner outdoor yang biasa diletakkan dijalan, diluar gedung dsb. yang mepunyai jarak pandang di atas 5 meter cukup dicetak dengan printer yang mempunyai resolusi sedang tetapi tahan sinar matahari (sinar UV). Umumnya jenis printer seperti ini mempunyai lebar maksimal sekitar 3 s/d 5 meter. Tinta yang digunakan jenis solvent base sehingga hasil cetak tahan terhadap sinar matahari.
By:Magnta